TY - JOUR TI - PENGARUH PENERAPAN MEDIA VIDEOSCRIBE UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN AQIDAH AKHLAQ DI MTs DARUL ULUM PURWODADI AU - Nurul Imamah; Ahmad Ma’ruf IS - PB - Universitas Yudharta Pasuruan JO - PY - 2019 UR - https://jurnal.yudharta.ac.id/v2/index.php/pai/article/view/1312/1118 AB - Media VideoScribe adalah media berbentuk video dan layar dasar putih yang bisa digunakan untuk animasi dengan mudah dan sesuai dengan pengguna. Kemajuan teknologi informasi dan komunikasi dapat digunakan dalam pembuatan bahan ajar. Namun penerapannya masih banyak guru yang belum dapat memanfaatkannya, bahkan penggunaan metode dan media monoton masih cukup populer di kalangan guru dalam proses pembelajaran. Terlebih lagi dalam pembelajaran agama salah satunya Aqidah Akhlaq. Penggunaan sebuah media berfungsi untuk menyampaikan pesan secara seragam kepada peserta didik. Dalam hal ini untuk menyampaikan sebuah pesan dari seorang pendidik kepada peserta didik diperlukan suatu media. Salah satunya adalah media VideoScribe. Hasil dari penelitian ini adalah pertama berdasarkan hasil pre test dan post test yang diperoleh oleh peserta didik MTs Darul Ulum Purwodadi kelas VII dalam mata pelajaran Aqidah Akhlaq materi Akhlaq terpuji, nilai peserta didik sebelum penerapan media VideoScribe adalah 15, dan nilai tertinggi adalah 65. Sedangkan nilai terendah sesudah penerapan media VideoScribe adalah 0, dan nilai tertinggi adalah 80. Dan nilai rata-rata diketahui nilai sesudah penerapan lebih besar dari nilai sebelum penerapan (48.06 > 38.06) hal ini menunjukkan post test lebih bagus daripada pre test yang berarti media pembelajaran meningkatkan pemahaman peserta didik. Kedua berdasarkan hasil analisis uji Paired Sampel T Test diperoleh angka signifikansi 0,007 dimana angka signifikansi lebih kecil dari 0, 05 maka hipotesis yang menyatakan ada pengaruh penerapan media VideoScribe untuk meningkatkan pemahaman Aqidah Akhlaq Di MTs Darul Ulum Purwodadi diterima dan Ho ditolak.