TY - JOUR TI - Pengintegrasian Nilai Moral Melalui Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Di SMP AU - Ludovikus Bomans Wadu; Ingrida Primiyanti Darma; Iskandar Ladamay IS - Vol 9 No 1 (2019): Januari 2019 PB - Universitas Kanjuruhan Malang JO - Jurnal Inspirasi Pendidikan PY - 2019 SP - 66 EP - 70 UR - https://ejournal.unikama.ac.id/index.php/jrnspirasi/article/view/3067/2031 AB - Dari konteks pendidikan dijelaskan bahwa gejala melemahnya moralitas diperlihatkan dengan maraknya tawuran antar pelajar, berpakaiyan yang tidak sopan, percakapan yang dilakukan dengan kalimat yang tidak santun, tidak menunjukan rasa hormat terhadap guru, dan sering datang terlambat. Melalui pendidikan pancasila dan kewarganegaran dapat membantu siswa menanamkan nilai-nilai moral bagi peserta didik. Tujuan pada penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui pendidikan nilai moral secara afektif melalui Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan. Pendekatan yang di gunakan dahlam penelitian ini adalah pendetkatan penelitian kualitattfif, jenis penelitian ini bertujuan untuk mengkaji suatu peristiwa atau fakta yang terjadi pada saat penelitian dan penelitian ini menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi serta teknik triangulasi untuk memperoleh keabsahan data. Dari hasil penelitian tentang Pengintegrasian Nilai Moral Melalui Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Di SMP Negeri 5 Malang yaitu guru PPKn memiliki peran yang sangat penting dalam proses pembelajaran yaitu dari segi keilmuan dan juga memperbaiki dalam membina morall dari peserta didik.