TY - JOUR TI - PENGGUNAAN MEDIA DIORAMA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA PADA MATERI KENAMPAKAN PERMUKAAN BUMI DI SD GUNUNG KARUNG KUNINGAN AU - Popi Fauziah; Asep Usamah IS - Vol 3 No 1 (2018): Februari PB - STKIP Muhammadiyah Kuningan JO - Jurnal Lensa Pendas PY - 2018 SP - 42 EP - 47 UR - http://jurnal.upmk.ac.id/index.php/lensapendas/article/view/176/122 AB - Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar kognitif siswa pada materi kenampakan permukaan bumi di kelas III SD Negeri 2 Gunung Karung setelah menggunakan media diorama. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas III SD Negeri 2 Gunung Karung, semester II tahun pelajaran 2015/ 2016. Penelitian ini merupakan penelitianquasi experimental design type nonequivalent control group design. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar kognitif antara siswa yang menerima materi pembelajaran kenampakan permukaan bumi menggunakan media diorama dengan siswa yang menerima materi pembelajaran kenampakan permukaan bumi tidak menggunakan media diorama. Di kelas eksperimen, rata-rata hasil pre-test sebesar 52,82, dan rata-rata hasil posttest sebesar 83,59. Mengalami kenaikan sebesar 30,77, dan rata-rata peningkatan hasil belajar kognitif siswa diperoleh 0,67592, yang berarti termasuk ke dalam kategori sedang. Sedangkan di kelas kontrol, rata-rata hasil pre-test sebesar 53,83, dan rata-rata hasil post-test sebesar 72,32. Mengalami kenaikan sebesar 18,49, dan rata-rata peningkatan hasil belajar kognitif siswa diperoleh 0,39494, yang berarti termasuk ke dalam kategori sedang.