@article{IPI1180574, title = "Metode Qirā’ah dalam Pembelajaran Keterampilan Reseptif Berbahasa Arab untuk Pendidikan Tingkat Menengah", journal = "Jurusan Pendidikan Bahasa Arab", volume = "Vol 7 No 2 (2019): JURNAL SHAUT AL-'ARABIYAH (IN PRESS)", pages = "", year = "2019", url = https://journal.uin-alauddin.ac.id/index.php/Shautul-Arabiyah/article/view/10805/7438 author = "Hidayatul Khoiriyah", abstract = "Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi metode qirā’ah dalam pembelajaran keterampilan reseptif berbahasa Arab untuk pendidikan tingkat menengah.  Metode yang digunakan adalah metode kajian pustaka (library research), sedangkan pengumpulan data dilakukan dengan menelaah dan mengeksplorasi beberapa artikel jurnal, buku-buku, dan beberapa sumber data atau informasi lainnya yang dianggap relevan dengan kajian. Adapun hasil dari penelitian ini adalah pembelajaran dengan menggunakan metode qirā’ah merupakan salah satu alternatif bagi guru dalam mengajarkan keterampilan reseptif berbahasa Arab (mahārah al-istimā’ dan mahārah al-qirā’ah). Dalam pembelajaran keterampilan menyimak (mahārah al-istimā’) siswa mampu memahami isi dari apa yang telah disimak dan mengungkapkan kembali lewat bahasanya baik secara lisan maupun tulisan. Adapun dalam pembelajaran keterampilan membaca (mahārah al-qirā’ah) siswa mampu membaca teks Arab dengan fasih, mampu menerjemahkan dan mampu memahaminya dengan baik dan lancar.", }