@article{IPI1453892, title = "Analisis Kemampuan Berpikir Kritis: Dampak Model Pembelajaran Creative Problem Solving dan Roundhouse", journal = "UNIVERSITAS ISLAM NEGERI RADEN INTAN LAMPUNG", volume = "Vol 10, No 2 (2019): Biosfer: Jurnal Tadris Biologi", pages = "", year = "2019", url = http://ejournal.radenintan.ac.id/index.php/biosfer/article/view/5443/3284 author = "Laila Puspita; Rijal Firdaos; Cahaya Istiqomah", abstract = "Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kemampuan berpikir kritis menggunakan pembelajaran creative problem solving dan roundhouse. Studi ini menggunakan metode quasi experimental design dengan desain penelitian posttest-only control design. Populasi dalam studi adalah peserta didik kelas VIII SMP Al-Huda Jati Agung. Pengambilan sampel penelitian menggunakan cluster random sampling. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII D sebagi kelas eksperimen yang menggunakan pembelajaran CPS dan roundhouse dan kelas VIII E sebagai kelas kontrol yang menggunakan model pembelajaran Direct Intruction (DI). Instrument yang digunakan adalah tes kemampuan berpikir kritis. Hasil penelitian uji  tentang kemampuan berpikir kritis diketahui bahwa  karena  maka  ditolak dan  diterima, artinya terdapat pengaruh kemampuan berpikir kritis menggunakan pembelajaran creative problem solving dan roundhouse.", }