@article{IPI1502662, title = "Studi Eksperimen Pengaruh Initial Constant Heel Terhadap Kinerja Manuvering Kapal", journal = "Politeknik Negeri Batam", volume = "Vol 1 No 2 (2019): Jurnal Teknologi dan Riset Terapan (JATRA) - December 2019", pages = "", year = "2019", url = https://jurnal.polibatam.ac.id/index.php/JATRA/article/view/1678/1019 author = "Baharuddin Ali; Cakra Wijaya Kusuma Rahadi; Sumarsono Sumarsono; Muhamad Ali Mudhofar", abstract = "Manuverabilitas suatu kapal adalah salah satu kunci untuk menjamin keselamatan jalannya operasional kapal. Kondisi manuver kapal dalam kondisi kapal tidak normal misal mengalami kemiringan akibat bergeseran muatan atau akibat kapal mengalami kebocoran (constant heel) perlu dilakukan antisipasi. Mengetahui karakteristik manuvering kapal dengan kondisi initial constant heel melalui uji model akan memberikan gambaran riil yang terjadi dan menjadi masukan dalam permodelan matematis. Untuk mengetahui pengaruh kemiringan kapal terhadap kinerja manuver kapal maka pada tulisan ini menyajikan hasil pengujian turning dan zig-zag maneuver pada sebuah model kapal patroli pantai dalam kondisi normal dan initial port side constant heel dengan metode free running model. Dari hasil pengujian didapatkan bahwa penurunan dan kenaikan parameter turning maneuverdalam kondisi kapal miring terlihat lebih siknifikan pada transfer dan tactical diameter jika dibandingkan dengan kondisi normal. Saat kapal miring ke kiri (port side initial constant heel) melakukan port side turning, transfer dan tactical diameter model kapal dengan kondisi miring ke kiri mengalami penurunan 2.14% dan 3.03%, sebaliknya saat starboard side turning mengalami peningkatan pada transfer diameter 6.20% dan tactical diameter naik menjadi 8.09% dibandingkan kondisi normal, sedangkan pengaruh initial constant heel pada manuver zig-zag tidak siknifikan", }