@article{IPI1589440, title = "PENERAPAN DATA MINING UNTUK EVALUASI KINERJA AKADEMIK MAHASISWA (STUDI KASUS: UMTAS)", journal = "Universitas Muria Kudus", volume = "Vol 9, No 1 (2018): JURNAL SIMETRIS VOLUME 9 NO 1 TAHUN 2018", pages = "", year = "2018", url = https://jurnal.umk.ac.id/index.php/simet/article/view/2002/1309 author = "Sulidar Fitri; Novi Nurjanah; Windi Astuti", abstract = "Harapan masyarakat secara umum sangat besar yaitu supaya institusi pendidikan dapat menyelenggarakan pendidikan yang berkualitas bagi mahasiswa sehingga menghasilkan keluaran berupa sumber daya manusia yang terampil, berilmu, cerdas dan berkualitas. Penerapan Data Mining dilakukan untuk dapat mengukur kinerja akademik mahasiswa di Universitas Muhammadiyah melalui pengukuran pada Indeks Prestasi Akademik (IPK) sebagai yang utama. Keberhasilan dalam memperoleh IPK yang tinggi biasanya dipengaruhi oleh banyak faktor salah satunya adalah jam berlajar mahasiswa tersebut. Banyak mahasiswa di lingkungan Universitas Muhammadiyah Tasikmalaya (UMTAS) menjadi pengguna Internet aktif dan menjadi indikasi faktor pengganggu dalam kegiatan belajar mahasiswa. Dalam penelitian ini akan dilakukan penerapan data mining dengan mengklasifikasikan melalui aturan atau rule algoritma Decision Tree mahasiswa berdasarkan IPK yang diperoleh pada semester sebelumnya. Selanjutnya, untuk mengetahui pengaruh yang signifikan dari faktor-faktor yang ada menggunakan metode penghitungan chi-square. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa hasil prediksi dari data uji memberikan angka sebesar 84% mahasiwa memperoleh IPK Tinggi dan 16% sisanya memperoleh IPK Sedang. Untuk uji menggunakan chi kuadrat dapat menunjukan bahwa adanya nilai yang signifikan antara Penggunaan Media social terhadap nilai IPK. Ternyata, hasil berbeda terjadi pada hubungan antara waktku belajar terhadap niliai IPK yang tidak menunjukan adanya nilai yang signifikan.Kata kunci: klasifikasi, prediksi, Internet, media sosial, pengguna internet, pengaruh media sosial.", }