@article{IPI1644837, title = "Terapi menulis ekspresif sebagai upaya menurunkan perilaku agresif siswa sekolah menengah pertama", journal = "Research and Social Study Institute", volume = "Vol 1, No 1 (2020): April", pages = "", year = "2020", url = https://mayadani.org/index.php/MAYADANI/article/view/6/5 author = "Susanti, Romia Hari; Permatasari, Devi", abstract = "Agresif adalah segala bentuk perilaku yang dimaksudkan untuk menyakiti sesorang baik secara fisik maupun mental. Bentuk perilaku agresif yang dilakukan individu dalam merespon keadaan frustasi, marah, takut antara lain menyerang fisik, menyerang suatu objek, secara verbal atau simbolis dan melakukan ancaman. Kecenderungan perilaku agresif akan mempersulit siswa sehingga perlu dibantu untuk mereduksinya. Guru bimbingan dan konseling sebagai salah satu tenagan profesional di sekolah bisa memberikan bimbingan kepada siswa dengan kecenderungan perilaku agresif dengan menggunakan berbagai teknik bimbingan, salah satunya adalah menggunakan terapi menulis ekspresif. Inti dari menulis ekspresif secara kelompok adalah untuk meningkatkan kerjasama, berbagi ide, perasaan, menghargai satu sama lain dan terutama kontrol emosi yang menurunkan perilaku agresif siswa.", }