@article{IPI1652092, title = "PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA SDK MUKUN 1", journal = "PGSD UNIKA SANTU PAULUS RUTENG", volume = "Vol. 3 No. 1 (2019): JIPD (Jurnal Inovasi Pendidikan Dasar)", pages = "", year = "2019", url = http://unikastpaulus.ac.id/jurnal/index.php/jipd/article/view/212/167 author = "Yohanes Wendelinus Dasor", abstract = "Abstrak: Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Terhadap Hasil Belajar IPS Siswa SDK Mukun 1. Keberhasilan dalam proses pembelajaran sangat bergantung pada kemampuan guru menerapkan strategi, metode, pendekatan dan model pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik siswa sehingga materi pelajaran mudah dipahami siswa. Salah satu model pembelajaran yang bisa digunakan untuk meningkatkan keaktifan siswa dalam pembelajaran adalah model pembelajaran cooperative tipe Jigsaw. Model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw adalah suatu tipe pembelajaran kooperatif yang mendorong siswa aktif dan saling membantu dalam menguasai materi pelajaran untuk mencapai prestasi yang maksimal. Dari hasil penelitian yang dilakukan di SDK Mukun 1 metode ini terbukti efektif dalam meningkatkan hasil belajar dibandingkan dengan metode konvensional lainnya.", }