@article{IPI1743183, title = "PENGARUH PERKULIAHAN DARING TERHADAP KEMANDIRIAN BELAJAR MAHASISWA PRODI PENDIDIKAN MATEMATIKA UNIVERSITAS MALIKUSSALEH", journal = "Program Studi Pendidikan Matematika FTIK IAIN Langsa", volume = "Vol 4 No 1 (2020): Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika AL QALASADI", pages = "", year = "2020", url = https://journal.iainlangsa.ac.id/index.php/qalasadi/article/view/1567 author = "Muhammad, Iryana", abstract = "Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh perkuliahan daring  terhadap kemandirian  belajar mahasiswa prodi pendidikan matematika Universitas Malikussaleh. Jenis penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimen dengan rancangan penelitian nonequivalen control grup design. Untuk memperoleh data dalam penelitian ini digunakan intrumen non tes berupa kuesioner. Analisis data dilakukan menggunakan uji hipotesis, karena skor homogen data diolah dengan bantuan SPSS versi 17. Berdasarkan hasil uji hipotesis kemandirian  belajar mahasiswa diperoleh signifikan 0.029 < 0.05 berari H0 ditolak Ha diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa dari hasil penelitian diketahui terdapat pengaruh perluliahan daring  terhadap kemandirian  belajar mahasiswa prodi pendidikan mateamtika Universitas Malikussaleh.", }