@article{IPI1762416, title = "Klasifikasi Data Ulasan Positif dan Negatif Dengan Menggunakan Algoritma Naive Bayes", journal = "Prodi Ilmu Komputer Universitas Bumigora", volume = "Vol 2 No 1 (2020)", pages = "", year = "2020", url = https://journal.universitasbumigora.ac.id/index.php/bite/article/view/809/538 author = "Muh. Adrian Juniarta Hidayat; Gilang Primajati; Ahmad Zuli Amrullah", abstract = "Bagi para pelaku penyedia jasa, kualitas pelayanan merupakan suatu hal yang sangat penting karena dapat berdampak pada keberlangsungan bisnis mereka. Salah satu cara untuk menilai kualitas suatu layanan ialah dengan melihat ulasan dari para pelanggan yang pernah menggunakan layanan tersebut. Ulasan yang berbentuk teks dapat menjadi data yang berguna apabila diolah dengan teknik tertentu untuk melihat kualitas suatu layanan dengan mengelompokkan ulasan positif dan negatif dari suatu layanan. Pada tulisan ini mengusulkan untuk melihat kualitas layanan suatu hotel dengan mengolah data ulasan yang berbentuk teks dengan membandingkan rasio ulasan positif dan negatif dari pelanggan dengan menggunakan algoritma Naive Bayes. Hasil dari percobaan terlihat bahwa pengelompokan ulasan positif dan negatif dapat dilakukan dengan baik dengan memberikan bobot rangking tertentu pada setiap kata yang terdapat didalam ulasan, sehingga dapat diketahui bahwa kualitas layanan cenderung mendapat umpan balik positif atau negatif.", }