@article{IPI1805135, title = "Efektivitas Model Pembelajaran Problem Posing Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematis siswa kelas VII SMP Negeri 9 Buton Tengah", journal = "Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Dayanu Ikhsanuddin", volume = "Volume 5, Nomor 2, November 2019", pages = "", year = "2019", url = https://www.ejournal.lppmunidayan.ac.id/index.php/matematika/article/view/181/51 author = "Herlawan Herlawan", abstract = "Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran Problem Posing terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas VII SMP Negeri 9 Buton Tengah. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen dan desain penelitian Posttest-Only Control. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 9 Buton Tengah yang terdiri dari dua kelas dengan jumlah keseluruhan 44 siswa. Sampel dalam penelitian ini yaitu kelas sebagai kelas eksperimen dengan jumlah 21 siswa dan kelas sebagai kelas kontrol dengan jumlah 23 siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah essay tes sebanyak 5 nomor. Hasil penelitian yang diperoleh: 1) rata-rata kemampuan berpikir kritis siswa kelas eksperimen sebesar 81,90; 2) rata-rata kemampuan berpikir kritis siswa kelas kontrol sebesar 71,74; 3) berdasarkan hasil uji hipotesis dengan menggunakan uji t diperoleh nilai signifikan 0,003 < 0,05. Dengan demikian ditolak dan diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Problem Posing efektif digunakan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa kelas VII SMP Negeri 9 Buton Tengah.", }