@article{IPI1811076, title = "PENCAPAIAN KEPUASAN PASIEN TERHADAP PELAYANAN KEBIDANAN IBU NIFAS DI RSUD SURAKARTA", journal = "Menara Medika", volume = "Vol 1, No 1 (2018): Vol 1 No 1 September 2018", pages = "", year = "2018", url = https://jurnal.umsb.ac.id/index.php/menaramedika/article/view/2055/1674 author = "Nuraini Fauziah; Dewi Marfuah; Bangun Nuswantoro", abstract = "Latar Belakang: Ibu pada periode masa nifas, memerlukan waktu untuk memulihkan kesehatannya, sehingga perlu perawatan khusus ibu nifas untuk meminimalkan risiko komplikasi dan kematian ibu. Salah satu alat ukur pelayanan kebidanan dikatakan berkualitas apabila suatu pelayanan kebidanan dapat memuaskan pasien sesuai dengan tingkat kepuasan rata-rata pasien. Tujuan Penelitian : untuk mengetahui gambaran tingkat kepuasan pasien terhadap pelayanan kebidanan ibu nifas dan kepuasan pasien di RSUD Surakarta. Metodologi: jenis penelitian kuantitatif dengan desain penelitian observasional analitik menggunakan pendekatan cross sectional. Pengambilan sampel menggunakan teknik quota sampling dan didapatkan 50 pasien yang mendapatkan asuhan ibu nifas hari ketiga di RSUD Surakarta. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner kepuasan pasien menurut Bustami (2011) yang terdiri dari 5 dimensi yaitu, reliabilitas, daya tanggap, jaminan, empati, dan bukti fisik. Hasil : Analisis data menggunakan uji analisis univariat dengan skala pengukuran kepuasan pasien antara lain; 1) Sangat puas (> 87,5%), 2) Cukup Puas (62,5% - 86,8%), dan 3) Tidak puas (< 62,5%). Hasil: pencapaian tingkat kepuasan menunjukkan sebanyak 54% pasien (27 responden) sangat puas, sebanyak 46% (23 responden) berada pada kategori cukup puas dan 0% pada kategori tidak puas. Kesimpulan: Sebagian besar responden yaitu sebanyak 54% pasien sangat puas dengan kualitas pelayanan kebidanan ibu nifas di RSUD Surakarta. Sehingga diharapkan Ruang Nifas RSUD Surakarta dapat mempertahankan kualitas pelayanan asuhan yang diberikan baik dari segi kualitas teknis, fungsional dan kenyamanan sehingga senantiasa dapat memberikan kepuasan dan kualitas pelayanan untuk meningkatkan derajat kesehatan pasien.", }