@article{IPI1820444, title = "Strategi Peningkatan Layanan Akademik Berbasis Kinerja Karyawan di Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan IAIN Lhokseumawe", journal = "Jurusan Manajemen Pendidikan Islam Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan (FTIK) IAIN Lhokseumawe.", volume = "Vol 3 No 2 (2019): Juli-Desember 2019", pages = "", year = "2019", url = http://ejurnal.iainlhokseumawe.ac.id/index.php/idarah/article/view/566/364 author = "Safitri, Nanda; Anggung, Muhammad; -, Zulkhairi", abstract = "Fokus penelitian pada strategi dalam meningkatkan layananakademik dan bagaimana kinerja karyawan di Fakultas Tarbiyah dan IlmuKeguruan IAIN Lhokseumawe. Penelitian ini merupakan penelitianlapangan bersifat deskriptif kualitatif, pengumpulan data dilakukanmelalui teknik dokumentasi, observasi, dan wawancara. Prosedur yangdigunakan dalam menganalisis data dengan menggunakan ringkasananalisis faktor strategis menggunakan teori Dessler yang meliputikualitasm, kuantitas, efektivitas, kemandirian dan ketepatan waktu. Subjekpenelitian pada Kepala Sub Bagian Umum Akademik, Pegawai akademik,dan mahasiswa FTIK. Hasil penelitian menunjukan bahwa layananakademik belum menunjukkan stabilitas kinerja yang memuaskansehingga diperlukan strategi dalam meningkatkan kinerja. Penyusunanstrategi didahului oleh analisis SWOT. Melalui hasil analisis dapatdiidentifikasi beragam faktor penyebab yang dapat dikategorikan menjadidua faktor internal dan eksternal. Faktor internal seperti fasilitas fisik,kehandalan, keyakinan dan empati. Sedangkan faktor eksternal meliputikecenderungan politik dan ekonomi, dukungan stakeholder, dan pernanankolaborator dan kompetitor.", }