@article{IPI1849534, title = "ANALISIS SURVEI KEPUASAN MASYARAKAT PADA PELAYANAN PERIJINAN DI DINAS PENANAMAN MODAL DAN PELAYANAN TERPADU SATU PINTU (DPMPTSP) KABUPATEN KEPULAUAN TALAUD", journal = "Dinasti Review", volume = "Vol 1 No 1 (2019): Jurnal Manajemen Pendidikan dan Ilmu Sosial (Desember 2019 - Mei 2020)", pages = "", year = "2019", url = https://dinastirev.org/JMPIS/article/view/217/126 author = "Stenly Rini Larono", abstract = "Pengukuran Indeks Kepuasan Masyarakat adalah untuk menentukan perkembangan kinerja unit dalam layanan lembaga pemerintah yang dilaksanakan oleh lembaga terkait secara berkala dan dapat digunakan sebagai bahan untuk kebijakan mereka sendiri untuk lebih meningkatkan kualitas layanan publik . Sedangkan tujuan penelitian mengukur IKM: bagaimana tingkat kepuasan pelanggan, mengetahui unsur-unsur yang harus ditingkatkan dan bagaimana cara meningkatkan kepuasan masyarakat. Indikator Pengukuran Kepuasan Masyarakat oleh PermenpanRB No. 14 tahun 2017 adalah Persyarataan, Sistem mekanisme dan Prosedur, Waktu Penyelesaian, Biaya/tarif, Produk spesifikasi jenis pelayanan, Kompetensi pelaksana, Perilaku pelaksana, Sarana dan prasarana serta Penanganan pengaduan, saran, dan masukan . Berdasarkan indikator pengukuran kepuasan publik di Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) di Kabupaten Kepulauan Talaud, Penulis merekomendasikan sebagai berikut: (1) memberikan pelatihan kepada petugas loket pendaftaran pada unit penelitian administrasi yang berkaitan dengan pelayanan; dan (2) menyebarkan dan menyiapkan brosur atau leaflet di loket pendaftaran survey IKM akan terus dilakukan secara berkesinambungan", }