@article{IPI1909661, title = "MODIFIKASI ALAT BANTU PEMBELAJARAN MELEMPAR DAN MENANGKAP DALAM HASIL BELAJAR PERMAINAN SOFTBALL", journal = "UNIB Press", volume = "Vol 4 No 1 (2020): MARET (ACCREDITED SINTA 3)", pages = "", year = "2020", url = https://ejournal.unib.ac.id/kinestetik/article/view/10320/5208 author = "Aser Paul Nainggolan; Rizki Bastanta Manalu", abstract = "Permasalahan dalam penelitian ini adalah (1) pembelajaran gerak dasar melempar dan menangkap belum berjalan dengan maksimal, 2) Hampir sebagian besar siswa merasa kurang percaya diri, 3) Media pembelajaran yang digunakan oleh guru sesungguhnya kurang variatif, 4) Sarana dan prasarana sekolah yang memadai untuk mengembangkan model pembelajaran. Tujuan umum dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil siswa melalui model pembelajaran softball dengan menggunakan alat bantu modifikasi. Selain itu, penelitian ini dilakukan untuk mendapatkan informasi mendalam tentang penerapan permainan softball menggunakan pendekatan alat modifikasi. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan dan objek pada penelitian adalah seluruh peserta didik kelas Siswa kelas VII di SMP Cahaya Pengharapan Abadi,  yang  berjumlah 32 peserta didik. Teknik pengumpulan data digunakan adalah tes, observasi dan dokumentasi. Penelitian ini dilakukan di tiga siklus. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa modifikasi alat bantu pembelajaran melempar dan menangkap mampu meningkatkan hasil belajar siswa kelas VII SMP Cahaya Pengharapan Abadi sebesar 14 siswa (44%) yang tuntas.  Sedangkan jika dilihat dari siswa yang belum belum tuntas pada siklus II sebanyak hanya tersisa sebesar 5 siswa (15.63%) belum tuntas jika dibandingkan dengan siklus I yaitu sebanyak 18 siswa (56%) yang belum tuntas mampu menerapkan permainan melempar dan menangkap softball. Sehingga disimpulkan bahwa pada siklus II nilai ketuntasan sebesar 84%. ", }