@article{IPI1911432, title = "STRATEGI PENGEMBANGAN KOMPETISI USAHA KECIL MENENGAH DI KABUPATEN JOMBANG", journal = "Yayasan Akrab Pekanbaru", volume = "Vol 5 No 4 (2020)", pages = "", year = "2020", url = http://akrabjuara.com/index.php/akrabjuara/article/view/1263/1112 author = "Ade Onny Siagian; Trisna Fajar Prasetyo", abstract = "Penelitian ini bertujuan menyusun strategi yang operasional dan tepat untuk mengembangkan Usaha Kecil Menengah (UKM) merupakan salah satu bagian penting dari perekonomian suatu daerah, selain itu untuk mengetahui dan mengevaluasi kompetisi meliputi aspek operasional usaha kecil dan menengah yang dilakukan secara professional dan diperdayakan kesadaran membuat suatu kelembagaan yang menaungi setiap pelaku UKM, serta peningkatkan pelayanan yang baik terhadap konsumen. UKM perlu dikenali dan dianalisis pemerintahan Kota Jombang khususnya kawasan Dinas Perdagangan dan Perindustrian, dimana UKM di wilayah Jombang Jawa Timur sangat memiliki peranan dalam lajunya perekonomian masyarakat dalam hal penciptaan lapangan kerja baru dan UKM juga banyak tercipta unit kerja baru yang menggunakan tenaga-tenaga baru yang dapat mendukung pendapatan rumah tangga. Metode yang digunakan adalah kualitatif. Hasil dari penelitian pengelolaan usaha kecil menengah yang belum maksimal, dan pelaku UKM yang belum tahu pentingnya sebuah kelembagaan, serta masih lemahnya kesadaran meningkatkan pelayanan yang baik kepada setiap pelanggan.", }