@article{IPI1926886, title = "Penggunaan Blended Learning (Metode Group Investigasi dengan Media Online) untuk Meningkatkan Kemampuan Analisis Masalah Pelajaan PAI Siswa Kelas X SMAN 1 Sreseh Sampang Tahun 2018/2019", journal = "LPPM STIT Miftahul Ulum Bangkalan", volume = "Vol. 2 No. 2 (2019): Subulana March 2019", pages = "", year = "2019", url = https://journal.stitmu.ac.id/index.php/Subulana/article/view/24/7 author = "Ach. Fauzi", abstract = "ABSTRAK: Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana peningkatan hasil belajar analisis masalah setelah diterapkannya Blended Learning (Metode Grup Investigasi dan Media Online)? Tujuan dari penelitian ini adalah ingin mengetahui pelaksanaan pembelajaran menganalisis masalah dengan pendekatan Blended Learning (Metode Grup Investigasi dan Media Online) dan peningkatan hasil belajar analisis masalah penelitian. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan (action research) kolaboratif sebanyak tiga putaran. Setiap putaran terdiri dari empat tahap yaitu: rancangan, kegiatan dan pengamatan, refleksi, dan refisi. Sasaran penelitian ini adalah siswa kelas X SMAN 1 Sreseh Sampang dengan standar capaian yang diharapkan secara klasikal sebesar 85%. Data yang diperoleh berupa hasil tes formatif dan lembar observasi kegiatan belajar mengajar. Dari hasil analis didapatkan bahwa hasil belajar siswa mengalami peningkatan dari siklus I sampai siklus III yaitu, siklus I (65,63%), siklus II (75,00%), siklus III (87,50%). Simpulan dari penelitian adalah Blended Learning (Metode Gruop Investigasi dan Media Online) dapat meningkatkan hasil belajar analisis masalah siswa kelas X SMAN 1 Sresesh Sampang Tahun 2018/2019", }