@article{IPI1931210, title = "ILMU MUNASABAH SEBAGAI PENDEKATAN DALAM PENDIDIKAN ISLAM", journal = "LP3M Universitas Sains Al Qur'an", volume = "Vol 16 No 1 (2016): Manarul Qur'an", pages = "", year = "2016", url = https://ojs.unsiq.ac.id/index.php/mq/article/view/913/484 author = "Hendri Purbo Waseso", abstract = "Kajian dalam ulumul qur’an dapat dianggap sebagai kajian lama atau yang telah menyejarah dalam perjalanan umat Islam. Mendekati kajian-kajian tersebut dari prespektif yang berbeda dapat memproduksi pengetahuan baru. Melalui kontekstualisasi, seperti yang dilakukan oleh tokoh muslim kontemporer seperti Muhammad Abduh dengan tafsir rasionalnya, Nasr Hamid dengan kajian tekstualitas al-Qur’annya dan sederet tokoh lainnya, agaknya tidak mustahil jika kajian dalam ulumul qur’an dianalisa relevansi dan kontekstualisasinya dengan pendidikan Islam.Analisa yang digunakan dalam tulisan ini melalui pendekatan hermenutika yaitu, mencari dalalah dalam ilmu munasabah sampai kemudian ditemukan maghza nya dalam konteks pendidikan Islam. Hasilnya adalah bahwa ilmu munasabah dapat dijadikan sebagai pendekatan dalam pendidikan Islam.", }