@article{IPI1971823, title = "IbM LESSON STUDY DAN PEMBELAJARANNYA PADA GURU DI KECAMATAN JABUNG SERTA PENGIMBASANNYA", journal = "Lembaga Penelitian dan Pemberdayaan Masyarakat (LITPAM)", volume = "Vol 1, No 1: October 2016", pages = "", year = "2016", url = https://journal-center.litpam.com/index.php/linov/article/view/400/190 author = "Prayitno, Anton; Hamid, Abdul; Baidawi, Muhammad", abstract = "Lesson Study (LS) mulai disosialisasikan di lingkungan pendidikan Kabupaten Malang sejak tahun 2006, namun belum semua sekolah melaksanakan kegiatan lesson study baik tingkat MGMP maupun tingkat sekolah. Metode pelaksanaan yang digunakan dalam pengabdian ini adalah kegiatan seminar lesson study dan Pembelajarannya serta workshop lesson study dan pembelajarannya. Secara kuantitas, capaian daya serap peserta seminar ini sebesar 90% dan capaian workshop sebesar 90% peserta telah mampu menyusun bahan ajar yang digunakan untuk kegiatan lesson study. LS yang diimplementasikan dalam pelaksanaan pengabdian ini meliputi siklus plan-do-see dengan enam tahapan, yaitu membentuk kelompok LS, menentukan fokus kajian, merencanakan research lesson, pelaksanaan pembelajaran dan observasi aktivitas pembelajaran, mendiskusikan dan menganalisis hasil observasi, dan refleksi dan penyempurnaan.", }