@article{IPI2010005, title = "Digital Marketing Sebagai Strategi Pemasaran UMKM Makaroni Bajak Laut Kabupaten Temanggung", journal = "LPPM Universitas Trunojoyo Madura", volume = "Vol 6, No 2: Oktober 2020", pages = "", year = "2020", url = https://journal.trunojoyo.ac.id/pangabdhi/article/view/7809/4950 author = "Dimas Sasongko; Intan Rahma Putri; Vivi Nur Alfiani; Saskia Dyah Qiranti; Riski Sinta Sari; Pramania Eka Allafa", abstract = "Pesatnya perkembangan teknologi dunia digital dan internet tentu juga berimbas pada dunia pemasaran. digital marketing ini lebih prospektif karena memungkinkan para calon pelanggan memperoleh segala macam informasi mengenai produk dan bertransaksi melalui internet. Penjualan Makaroni Bajak Laut selama ini mengharuskan konsumen yang ingin memesan atau membeli produk untuk datang langsung ke lokasi atau memesan lewat WhatsApp untuk melihat produk yang akan dibeli.Tujuan kegiatan ini adalah memeberikan pelatihan dan pendampingan kepada UMKM Makaroni Bajak Laut tentang implementasi Digital Marketing sebagai strategi dalam memasarkan produk. Tahap pelatihan dan pendampingan terdiri dari beberapa kegiatan yaitu: (1) Pengenalan packaging dan branding, (2) Dokumentasi produk, (3) Pengenalan sosial media, (4) Pengenalan marketplace, (5) Menerima pesanan dan mengirim barang. Hasil dari Pengabdian Kepada Masyarakat adalah UMKM Makaroni Bajak Laut memiliki sosial media dan marketplace sebagai alat untuk melakukan promosi produk dan pemilik UMKM Makaroni Bajak Laut memiliki pemahaman tentang Digital Marketing serta mampu mengelola sosial media dan marketplace yang dimiliki.", }