@article{IPI2115517, title = "Strategi Pembinaan Kompetensi Profesional Guru Oleh Kepala Sekolah dalam Mewujudkan Mutu Pendidikan Sekolah Dasar", journal = "Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa", volume = "Vol 3 No 3 (2021): Februari 2021", pages = "", year = "2021", url = https://jurnal.ustjogja.ac.id/index.php/mmp/article/view/7952/4284 author = "Bekti Handayani; Agustina Sri Purnami", abstract = "Tujuan penelitian adalah untuk mendeskripsikan strategi pembinaan kompetensi profesional guru oleh kepala sekolah dalam mewujudkan mutu pendidikan di SD Negeri Tileng 1 Girisubo Gunungkidul.Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif. Sumber data kepala sekolah, guru, siswa dan karyawan. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data dengan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Uji keabsahan data menggunakan teknik triangulasi. Hasil penelitian 1). strategi pembinaan kompetensi profesional guru yang dilakukan kepala sekolah dalam mewujudkan mutu pendidikan sudah baik karena dari empat strategi terlaksana tiga yaitu (1). Strategi pembinaan sebagai suatu sistem yakni pembinaan kedisiplinan waktu dan pembinaan PTK, (2). Strategi pembinaan melalui supervisi, dan (3). Strategi pembinaan melalui pelatihan. 2). Teknik pembinaan kompetensi profesioanl guru yang dilakukan kepala sekolah dalam mewujudkan mutu pendidikan sangat baik karena dari sepuluh teknik pembinaan terlaksana delapan yaitu (1). Teknik kunjungan kelas, pertemuan individu dengan guru, guru menilai diri sendiri, mengikuti seminar, mengikuti KKG, bimtek di sekolah, pertemuan dengan guru baru, rapat dewan guru. Kendala yang dihadapi yaitu (1). Mayoritas guru kurang mahir dalam menggunakan TI (2). Jarak tempat tinggal guru yang jauh mempengaruhi kesiapan guru dalam mengajar (3). Penyusunan perangkat pembelajaran mayoritas guru baru download.", }