@article{IPI2217027, title = "Problematika Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Pada Penyandang Tuna Grahita", journal = "Fakultas Agama Islam Universitas Darul 'Ulum Jombang", volume = "Vol 6 No 1 (2021): Sumbula: Jurnal Studi Keagamaan, Sosial dan Budaya", pages = "", year = "2021", url = http://ejournal.kopertais4.or.id/mataraman/index.php/sumbula/article/view/4425/3220 author = "Eko Hadi Wardoyo", abstract = "Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Problematika Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Pada Penyandang Tuna Grahita di SLB Hardika Bakti Tugusumberjo Peterongan Jombang. Penelitian ini bersifat kualitatif, pengumpulan datanya dilakukan dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Sedangkan alisis datanya dilakukan dengan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Anak tuna grahita adalah anak yang memiliki hambatan IQ atau bisa dalam hambatan sosial. Problematika pembelajaran pendidikan agama Islam pada penyandang tuna grahita adalah (1) kesadaran orang tua yang bisa menjadi pendukung sekaligus penghambat pendidikan anak. (2) tuna grahita itu memiliki tingkatan ringan, sedang, dan berat dengan tingkat pembelajaran yang berbeda pula. (3) karakteristik anak yang berbeda. Solusinya adalah diadakan parenting atau diskusi untuk mengetahui hal apa yang dikeluhkan orang tua sehingga bisa menemukan jalan keluar bersama dan melakukan kelas visual edukasi guna mengetahui tingkat perkembangan anak.", }