@article{IPI2402558, title = "Menentukan Stok Produk Berdasarkan Pola Pembelian Konsumen dengan Algorithma Apriori", journal = "STMIK Amik Riau", volume = "Vol 7 No 2 (2021): SATIN - Sains dan Teknologi Informasi", pages = "", year = "2021", url = http://jurnal.stmik-amik-riau.ac.id/index.php/satin/article/view/779/361 author = "Ahmat Adil; Ni Wayan Yuli Ariyanti; Bambang Krismono Triwijoyo", abstract = "Dalam persaingan dunia usaha, perusahaan yang bergerak dibidang jasa memerlukan inovasi untuk memuaskan dan memenuhi kebutuhan pelanngan. Peruhasahaan yang menyediakan berbagai jenis produk, memerlukan pengetahuan dengan menggunakan algorithma apriori untuk mengidentifikasi produk yang disediakan mana yang paling diminati atau kurang diminati supaya dapat mengatur persediaan stok produk. Output yang didapat berupa hitungan sebagai batasan minimum support 35% dan minimum confidence 65% menghasilkan 7 aturan data transaksi penjualan (contoh kasus tahun 2019). Dengan contoh berikut yaitu dalam penerapan kasus yaitu suatu rules yang terbentuk konsumen dengan pembelian susu senilai support 36,66% dan nilai confidence 96,15% dengan lift ratio 1,09, karena membeli tisu dan diapers, hal ini menunjukan adanya relasi yang sangat kuat antara item atau adanya hubungan yang positif, yang pada akhirnyadiberikan rekomendasi kepada manajemen bahwa pola pembelian konsumen ditentukan persediaan stok produk.", }