@article{IPI2417266, title = "Efektivitas Program PSOP (Public Speaking On Online Presentation) Untuk Meningkatkan Self Efficacy Mahasiswa", journal = "Faculty of Psychology, Universitas Medan Area", volume = "Vol 7, No 2 (2021): JURNAL DIVERSITA DESEMBER", pages = "", year = "2021", url = http://ojs.uma.ac.id/index.php/diversita/article/view/4533/pdf author = "Dwi Iramadhani; Widi Astuti; Rini Julistia", abstract = "Kondisi pandemi membuat mahasiswa untuk beradaptasi pada kondisi pembelajarannya yang bersifat daring. Salah satunya adalah presentasi online. Public speaking dianggap sebagai salah satu keterampilan utama yang harus diperhatikan pada saat melakukan presentasi online.  Tantangan yang dimiliki mahasiswa adalah membangun self eficacy untuk berbicara didepan umum. Kondisi dimana jika tidak teratasi dapat menimbulkan kecemasan dan tidak efektifnya presentasi. Untuk dapat mengoptimalkan kemampuan mahasiswa dalam public speaking terutama ketika presentasi secara online diperlukan upaya untuk meningkatkan efikasinya tersebut. Penelitian ini mengusulkan sebuah pelatihan yang disebut dengan Kelas Online PSOP (Public Speaking on Online Presentation). Pelatihan ini merupakan modifikasi dari modul yang dikembangkan oleh Toatmaster (2015). Pendekatan belajar yang dilakukan dalam pelatihan ini adalah pendekatan belajar experiential learning. Modul ini dilakukan tahapan validasi melalui expert judgement sebanyak 3 orang dan teruji valid secara isi.  Selanjutnya dilakukan tahapan eksperimen dengan desain eksperimen one group pretest and posttest only. Penelitian ini menemukan sebanyak 98 orang siswa berkategori sedang dan 19 orang siswa memiliki kategori rendah, dan 11 orang dengan kategori tinggi. Subjek dalam penelitian ini berjumlah 14 orang mahasiswa dengan kategori self eficacy yang rendah. Penelitian ini membutikan bahwa Program Kelas online PSOP terbukti dapat meningkatkan self eficacy mahasiswa dalam melakukan public speaking secara online.", }