@article{IPI2453968, title = "Redesain Mainan Edukatif Balok Kayu Untuk Anak TK", journal = "Institut Teknologi Adhi Tama Surabaya", volume = "2019: Menuju Penerapan Teknologi Terbarukan pada Industri 4.0: Perubahan Industri dan Transformasi P", pages = "", year = "2019", url = http://ejurnal.itats.ac.id/sntekpan/article/view/656/457 author = "Nuri Herlinda; Christin Mardiana", abstract = "Bermain merupakan cara untuk belajar bagi anak TK. Permainan yang sering digunakan adalahpermainan konstruktif yaitu balok kayu. Permainan ini dimainkan dengan disusun kearah vertikalmaupun kearah horizontal. Namun, permasalah yang terjadi tidak ada sistem penyambung yangbaik antara satu balok dengan balok yang lain. Sehingga menyebabkan balok mudah sekali runtuh,jangankan susunan balok dipindahkan, terkadang balok runtuh karena tidak sengaja tersentuh olehtemannya.Tujuan dari penelitian yaitu memperbaiki sistem joining yang lebih baik, sehingga siswalebih bebas dalam memainkan balok. Metode penelitian ini menggunakan metode penelitiankualitatif yaitu dengan wawancara, observasi, dan pencarian data eksisting dilapangan. Penelitianini mengggunakan 2 alat analisis, analisis perilaku dan analisis desain. Peneliti melakukanpencarian data di beberapa sekolah TK di Kota Surabaya dan di perusahaan pembuatan mainan.Konsep desain yang digunakan pada produk ini adalah safety and fun, produk yang dihasilkanberupa mainan balok yang memiliki sambungan yang memudahkan anak untuk mengeksplorasiimajinasi, serta aman karena menggunakan pewarna waterbased. Penggunaan finishing tidakberacun dan berbau", }