@article{IPI2602103, title = "Implementasi Teori Sibernetik pada Pembelajaran Jarak Jauh Masa Pandemi COVID-19", journal = "Syntax Corporation Indonesia", volume = "Vol 3 No 1 (2022): Jurnal Syntax Imperatif: Jurnal Ilmu Sosial dan Pendidikan", pages = "", year = "2022", url = http://jurnal.syntaximperatif.co.id/index.php/syntax-imperatif/article/view/146/168 author = "Erlita Octiana Nur’alimah", abstract = "Dampak penyebaran virus corona mengakibatkan lembaga pendidikan melakukan pembelajaran jarak jauh dengan menggunakan platform berbasis internet. Teori yang digunakan dalam pembelajaran jarak jauh yang sangat relevan adalah teori sibernetik. Penelitian ini bertujuan mengkaji implementasi teori sibernetik dan melihat feedback pencapaian peserta didik yaitu melihat 3 komponen kompetensi Science Technology Engineering and Math (STEM), produk, dan karakter. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Subyek pada penelitian ini adalah siswa Madrasah Ibtidaiyah sebanyak 22 orang. Penelitian ini menyimpulkan bahwa pengaplikasian teori sibernetik pada masa pandemi ini sangat menuntut guru dan siswa mengasah kemampuan teknologi informasi dan hasil dari kemampuan kompetensi Science Technology Engineering and Math (STEM), produk, dan karakter menunjukan bahwa kemampuan STEM siswa paling tinggi dibanding produk dan karakter. Selain itu hubungan antara kompetensi STEM dan produk lebih kuat dibanding dengan karakter.", }