@article{IPI3037695, title = "PENGARUH SIKAP BAHASA SISWA KELAS XI TERHADAP PROSES PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SMAK HARAPAN DENPASAR TAHUN AJARAN 2018/2019", journal = "Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FKIP Unmas Denpasar", volume = "Vol. 1 No. 1 (2020): JIPBSI", pages = "", year = "2020", url = https://e-journal.unmas.ac.id/index.php/jipbsi/article/view/1597/1282 author = "Ana Rohaidatul Aisi; I Nyoman Adi Susrawan; IGA. Putu Tuti Indrawati", abstract = "Penelitian ini berjudul Pengaruh Sikap Bahasa Siswa Kelas XI Terhadap Proses Pembelajaran Bahasa Indonesia di SMAK Harapan Denpasar Tahun Ajaran 2018/2019 yang bertujuan (1) Mendeskripsikan sikap bahasa siswa SMAK Harapan Denpasar (2) dan Pengaruh sikap bahasa siswa terhadap proses pembelajaran bahasa Indonesia. Penelitian ini menggunakan metode Deskriptif Kualitatif dengan teknik angket dan wawancara. Sumber data dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI SMAK Harapan Denpasar Tahun Ajaran 2018/2019 yang berjumlah 100 orang siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa kelas XI SMAK Harapan Denpasar memiliki sikap positif terhadap bahasa Indonesia. Hal ini ditunjukkan dari angket yang disebar kepada 100 orang siswa berdasarkan indeks akumulasi sebesar 96% berdasarkan aspek (1) kebanggaan menggunakan bahasa Indonesia, 71% berdasarkan aspek (2) adanya Kesetiaan menggunakan bahasa Indonesia, dan 87% berdasarkan aspek (3) adanya sikap kesadaran akan norma bahasa. Berdasarkan hasil angket kuesioner dan wawancara yang dilakukan oleh peneliti. Siswa kelas XI SMAK Harapan Denpasar secara aktif dan penuh antusias mengikuti kegiatan pembelajaran bahasa Indonesia. Siswa terlibat dalam kegiatan diskusi, mengemukakan pendapat, maupun memberi pertanyaan ataupun jawaban dengan menggunakan bahasa Indonesia. Berdasarkan analisis yang diperoleh menunjukkan adanya hubungan antara sikap bahasa siswa dengan proses pembelajaran bahasa Indonesia. Sikap yang positif siswa akan berdampak pada proses pembelajaran yang berlangsung. Semakin positif sikap siswa terhadap bahasa Indonesia, maka semakin baik pula proses pembelajaran yang dilakukan hingga tecapainya tujuan dari proses pembelajaran bahasa Indonesia", }