@article{IPI3172407, title = "PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS TEKS OBSERVASI MENGGUNAKAN MODEL MIND MAPPING BERBANTUAN MEDIA BLOGGER", journal = "LEMBAGA PENELITIAN DAN PENGABDIAN PADA MASYARAKAT", volume = "Vol 8, No 2 (2021): KONFIKS", pages = "", year = "2021", url = author = "Rahma Amelia; lutfi syauki faznur", abstract = "Penelitian ini bertujuan menerapkan model pembelajaran mind mapping untuk meningkatkan keterampilan menulis teks observasi kelas X berbantuan media blogger sebagai alat bantu media daring. Penelitian ini dilakukan pada masa pandemi Covid-19 yang menerapkan pembelajaran jarak jauh (daring) pada kelas X SMA Nusantara Plus . Desain pada penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Hasil penelitian menggunakan rumus rata-rata yaitu terjadi peningkatan pada setiap siklusnya. Berdasarkan pra siklus diperoleh hasil dengan nilai rata-rata 44, siklus I nilai rata-rata meningkat menjadi 74 tetapi belum memenuhi kriteria ketuntasan minimal, dilanjutkan siklus II dengan nilai rata-rata sebesar 84. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran mind mapping berbantuan media blogger dapat meningkatkan keterampilan menulis teks observasi peserta didik kelas X SMA Nusantara Plus.", }