@article{IPI3293892, title = "Pendampingan Implementasi Pendekatan Saintifik untuk Mengembangkan Kemampuan Perencanaan dan Pelaksanaan Pembelajaran Bagi Guru Sekolah Dasar", journal = "Universitas Sebelas Maret", volume = "Vol 6, No 1 (2023): Social, Humanities, and Educational Studies (SHEs): Conference Series", pages = "", year = "2023", url = https://jurnal.uns.ac.id/SHES/article/view/71213/39548 author = "Moh Salimi; Ratna Hidayah; Tri Saptuti Susiani; Karsono Karsono", abstract = "Implementasi kurikulum 2013 telah berjalan sembilan tahun dengan berbagai hambatan seperti perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran yang belum berbasis saintifik serta belum menerapkan penilaian otentik. Partisipan dalam kegiatan ini terdiri dari 9 guru dari SDN Arjosari, Kebumen. Pengabdian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan pengabdian serta profil kemampuan perecanaan dan pelaksanaan pembelajaran. Teknik analisis data yang digunakan adalah statistic deskriptif. Metode pengabdian ini menggunakan pola pendampingan in-on-in. Kegiatan in pertama focus pada: brainstorming hambatan dan solusi, pelatihan untuk menguatkan konsep pendekatan saintifik, dan penyusunan perangkat pembelajaran secara kolaboratif. Kegiatan on focus pada implementasi dan observasi pendektan saintifik dan penilaian otentik. Kegiatan in kedua focus pada refleksi dan evaluasi implementasi pendekatan saintifik dan penilaian otentik. Hasil dari pelaksanaan pengabdian ini antara lain: (1) penggunaan pola in,-on-in yang berfokus pada kegiatan penguatan kemitraan, pelatihan penyusunan rencanal pelaksanaan pembelajaran, implementasi pendekatan saintifik, penilaian otentik serta sampai pada kegiatan refleksi dan evaluasi dan (2) adanya peningkatan kemampuan perencanaan dari 72 menjadi 78 dan pelaksanaan pembelajaran dari 75 menjadi 82.", }