@article{IPI362759, title = "PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN IPS MODEL COOPERATIVE TIPE TGT BERBASIS ATONG BAGI SISWA SEKOLAH DASAR", journal = "Universitas Muhammadiyah Purwokerto", volume = " Dinamika Volume VII, Nomor 1, Maret 2015", pages = "", year = "2015", url = http://dinamika.ump.ac.id/index.php/dinamika/article/view/36 author = "Muslim, Aji Heru; Supartono, Supartono; Rusilowati, Ani", abstract = "Abstract. This study tried to develop learning material and its implementation using the Cooperative model of  TGT type with ATONG -based. The purpose of this study produce a valid learning device characteristics, practical and effective. These types of devices are developed syllabus, lesson plans, worksheets and learning media. Practicality test done in class V SD Negeri 1 Kendaga, test the effectiveness done in class V SD Negeri 1 Banjarmangu and SD Negeri 2 Kendaga. Data were obtained from: validation, observations, questionnaires and learning achievement test. The data were processed with descriptive analysis. Test validity and practicality mixed with analysis, testing the effectiveness of currently treated with t-test, z test, regression, and test the appeal. The results showed that the learning tools developed declared valid by the validator, with an average score of 94 for the syllabus, 95 for RPP, 100 for LKS, and 92.85 for instructional media. The results of observations obtained 89.57% of teacher activity, student questionnaire results obtained by 93%, this means a device developed practical. Average yield of 84.3 students mastery learning. Student learning activities affect the learning achievement of 85%. The results of experimental class learning achievement better than the control class. This means a device developed effective.Key words: Developing, Learning Material, Social Education, Cooperative of TGT, ATONGAbstrak. Penelitian ini merupakan pengembangan perangkat pembelajaran dengan model Cooperative tipe TGT berbasis ATONG. Tujuan penelitian ini menghasilkan karakteristik perangkat pembelajaran yang valid, praktis dan efektif. Penelitian menggunakan model pengembangan 4-D Thiagarajan. Jenis perangkat yang dikembangkan Silabus, RPP, LKSdanMedia Pembelajaran.Uji kepraktisan dilakukan dikelas V SD Negeri 1 Kendaga, uji keefektifan dilakukan dikelas V SD Negeri 1 Banjarmangu dan SD Negeri 2 Kendaga. Kelas V SD Negeri 1 Banjarmangu sebagai kelas eksperimen dan Kelas V SD Negeri 2 Kendaga sebagai kelas kontrol.Data penelitian diperoleh dari: validasi, pengamatan,angket dan tes prestasi belajar. Data diolah dengan analisis deskriptif. Uji validitas dan uji kepraktisan diolah dengan analisis, sedang uji keefektifan diolah dengan uji t, uji z, regresi, dan uji banding. Hasil penelitian menunjukkanperangkat pembelajaran yang dikembangkan dinyatakan valid oleh validator, dengan skor rata-rata 94 untuk silabus, 95 untuk RPP, 100 untuk LKS, dan 92,85 untuk  media pembelajaran. Hasil observasi aktivitas guru diperoleh 89,57%, hasil angket siswa diperoleh 93%,hal ini berarti perangkat yang dikembangkan praktis.Hasil rata-rata ketuntasan belajar siswa84,3.Aktivitas belajar siswa berpengaruh terhadap prestasi belajar sebesar 85%.Hasil prestasi belajar kelas eksperimenlebih baik daripada prestasi belajar kelas kontrol. Hal ini berarti perangkat yang dikembangkan efektif. Kata Kunci: Pengembangan Perangkat Pembelajaran, IPS, Cooperative tipe TGT, ATONG.", }