@article{IPI525471, title = "ANALISIS PELAKSANAAN KARAKTER BUKU TEMATIK KURIKULUM 2013 PADA KELAS 1 SD ISLAM MOH HATTA MALANG", journal = "JURNAL PENDIDIKAN DASAR PERKHASA", volume = " Vol 3, No 2 (2017): JURNAL PENDIDIKAN DASAR PERKHASA", pages = "", year = "2017", url = http://jurnal.stkippersada.ac.id/index.php/PERKHASA/article/view/260 author = "Ulum, Bahrul; Mukhlishina, Innany", abstract = "Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan pelaksanaan karakter dan kendala dalam pelaksanaan Karakter pada buku ajar Kurikulum 2013 pada kelas 1 SD Islam Moh Hatta Malang. Pada penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif kualitatif dengan mengkaji dan mengidentifikasi karakteritik khusus yang menggambarkan analisis pelaksanaan karakter pada buku tematik Kurikulum 2013 pada kelas 1 semester 2 SD Islam Moh Hatta Malang. Pelaksanaan karakter buku ajar kurikulum 2013 revisi 2016 kelas I semester 2 di SD Islam Moh Hatta secara umum dalam kegiatan pembelajaran sebenarnya siswa tidak hanya diajarkan karakter yang menjadi fokus yang akan diajarkan sesuai buku ajar seperti karakter religius. Ada juga karakter-karakter lain yang mungkin muncul namun tidak terlihat menonjol serti karakter untuk berprestasi dalam setiap pembelajaran, karakter gemar membaca pada saat guru meminta siswa membaca dan menggali informasi tertentu dari berbagai media. Kendala-kendala yang berkaitan dengan pelaksanaan karakter yang ada pada kurikulum 2013 ini sebenarnya merupakan bentuk adaptasi guru terhadap kurikukum yang baru, apalagi perubahan kurikulum yang cepat seiring dengan tuntutan guru untuk memiliki selalu kompeten dan profesional dalam kondisi apapun. Perlu adanya penelitan secara keseluruhan terkait karakter yang ada di buku guru dan buku siswa serta pelaksanaan karakter dalam setiap pembelajaran.Begitu juga perlu adanya supervisi dan monitoring terhadap pelaksanaan karakter dalam pembelajaran buku ajar kurikulum 2013.Kata Kunci: Kurikulum 2013, Karakter, Buku Ajar", }