@article{IPI564499, title = "PENGGUNAAN PENDEKATAN SCIENTIFIC DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS TEKS NARRATIF MELALUI MEDIA GAMBAR BERSERI (PICTURE SERIES)", journal = "Universitas Muhammadiyah Surakarta", volume = " Vol 27, No 2 (2015)", pages = "", year = "2015", url = http://journals.ums.ac.id/index.php/KLS/article/view/4482 author = "Widayanti, Sri", abstract = "Teknik atau metode pembelajaran sangatlah banyak, antara lainceramah, diskusi, demonstrasi, laboratorium, tanya jawab, dan lain–lain.Metode ceramah dan diskusi banyak digunakan dalam proses pembelajaranbahasa Inggris. Dengan metode ini siswa dianggap sebagai penerimapesan yang siap diisi namun tidak memberikan kesempatan pada merekauntuk berkarya. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: ApakahPenggunaan pendekatan Scientific dapat meningkatkan kemampuan menulisteks narratif melalui media gambar berseri (picture series) bagi siswa kelasX IIS 2 Madrasah Aliyah Negeri Wonogiri Tahun Pelajaran 2014/2015.Dalam penelitian ini peneliti berkolaborasi dengan guru lain serta dengankepala sekolah. Peneliti terlibat langsung dalam penelitian mulai dariawal sampai penelitian berakhir. Peneliti berusaha melihat, mengamati,merasakan, menghayati, merefleksi dan mengevaluasi kegiatan pembelajaranyang berlangsung. Tahap-tahap pelaksanaan penelitian tindakan terdiri dariperencanaan (planning), pelaksanaan (acting), observasi (obseving), danrefleksi (relecting). Untuk mendapatkan hasil penelitian yang akurat makadata yang telah terkumpul dianalisis secara statistik yaitu mengunakan rumusmean atau rata-rata. Dari hasil penelitian didapatkan bahwa nilai rata-ratapada siklus mengalami peningkatan yang signifikan. Prosentase jumlah siswayang memenuhi aspek kemampuan bertanya pada siklus I 44,7% dan untuksiklus II 63,1%. Prosentase jumlah siswa yang memenuhi aspek inisiatif/kreatif untuk siklus I 31,5%, pada siklus II 42,1%. Prosentase jumlah siswayang memenuhi aspek rasa ingin tahu untuk siklus I 26,3%, pada siklus II36,8%. Peningkatan jumlah siswa yang memenuhi aspek-aspek tersebut, darisiklus I ke siklus II disebabkan adanya pola pikir mereka untuk membangunpengetahuan mereka sendiri. Mengacu pada hipotesis tindakan yangdiajukan dalam penelitian tindakan kelas ini maka dapat disimpulkan bahwapenggunaan pendekatan Scientific dapat meningkatkan kemampuan menulisteks narratif melalui media gambar berseri (picture series) bagi siswa kelas XIIS 2 Madrasah Aliyah Negeri Wonogiri Tahun Pelajaran 2014/2015.Kata Kunci : pendekatan scientific, teks naratif, gambar berseri", }