@article{IPI603219, title = "DESAIN PENDEKATAN KONTEKSTUAL PADA PEMBELAJARAN STATISTIK MATEMATIKA", journal = "Universitas PGRI Semarang", volume = "Vol 8, No 1 (2017): AKSIOMA: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika", pages = "", year = "2017", url = http://journal.upgris.ac.id/index.php/aksioma/article/view/1504/1282 author = "Ari Indriani", abstract = "Masalah yang ingin diteliti dalam penelitian ini adalah bagaimanakah rancangan pendekatan kontekstual pada pembelajaran statistik matematika? Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk merancang/mendesain pendekatan kontekstual pada pembelajaran statistik matematika. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan (Research and Development/R&D). Pada penelitian ini baru disajikan tahapan yang pertama yaitu perancangan model pembelajaran yaitu penyusunan kegiatan-kegiatan pembelajaran statistik matematika dengan menggunakan pendekatan kontekstual. Langkah-langkah pendekatan kontekstual pada pembelajaran Statistik Matematika ada tujuh prinsip yaitu 1) Konstruktivisme/Constructivism; 2) Menemukan/Inqury; 3) Bertanya/Questioning; 4) Masyarakat Belajar/ Learning Comunity; 5) Pemodelan/Modelling; 6) Refleksi/Reflection; dan 7) Penilaian Sebenarnya/Authentic Assesment. Setelah diadakan ujicoba, untuk mengetahui efektifitas pendekatan yang dihasilkan perlu dilakukan penerapan pendekatan di kelas. Kata kunci: Pendekatan Kontekstual, Statistik Matematika ", }