@article{IPI875184, title = "ANALISIS SWOT DAN STRATEGI PEMASARAN UNTUK MENINGKATKAN DAYA SAING UKM ES PUTER DI KOTA MALANG", journal = "Universitas Ma Chung", volume = "Vol 1 No 1 (2018): Jurnal Kurawal Volume 1, Nomor 1, Maret 2018", pages = "", year = "2018", url = https://jurnal.machung.ac.id/index.php/kurawal/article/view/97/56 author = "Purnomo .; Yuswono Hadi", abstract = "Usaha Kecil dan Menengah (UKM) Es Puter di Kota Malang juga masih menghadapi berbagaipermasalahan salah satunya adalah pemasaran. Strategi pemasaran adalah salah satu cara memenangkankeunggulan bersaing yang berkelanjutan baik itu untuk perusahaan yang memproduksi barang ataujasa. Penelitian ini memiliki tujuan untuk: mendapat gambaran mengenai strategi pemasaran untukmeningkatkan daya saing, dan untuk mengetahui seberapa efektif pelaksanaan strategi pemasaran yangtelah dilakukan dengan mengidentifikasi dan menjelaskan kekuatan dan kelemahan (lingkunganinternal) serta peluang dan ancaman (lingkungan eksternal) serta merumuskan srtategi pemasaran EsPuter yang tepat melalui analisis SWOT (Strengths, Weaknesess, Opportunities, dan Threats).Penelitian ini dilakukan di UKM Es Puter Malang. Metode Penelitian menggunakan pengumpulandatanya dengan dokumentasi, wawancara dan observasi, jenis penelitian deskriptif. Hasil dari analisisefektifitas strategi pemasaran menunjukkan adanya peningkatan yang signifikan.", }