@article{IPI920051, title = "KONTRIBUSI KOMUNIKASI INTEPERSONAL, KECERDASAN EMOSIONAL DAN KOMITMEN ORGANISASI SEKOLAH TERHADAP KINERJA GURU", journal = "LP2M Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa", volume = "Vol 5 No 1 (2019)", pages = "", year = "2019", url = https://jurnal.ustjogja.ac.id/index.php/sosio/article/view/4049/2158 author = "Ngatinah Ngatinah; Agustina Sri Purnami", abstract = "Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui kontribusi komunikasi intepersonal, kecerdasan emosional dan komitmen organisasi sekolah terhadap kinerja guru dalam perspektif pembinaan guru SD Negeri Se - kecamatan Pengasih Kabupaten Kulon Progo secara parsial maupun secara bersama-sama. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Variabel dalam penelitian ini adalah komunikasi intepersonal, kecerdasan emosional, omitmen organisasi sekolah dan kinerja guru. Penelitian ini dilaksanakan pada SD Negeri Se - kecamatan Pengasih Kabupaten Kulon Progo. Populasi penelitian ini adalah seluruh guru SD Negeri Se - kecamatan Pengasih Kabupaten Kulon Progo dengan ukuran populasi 200 orang. Besarnya sampel ditentukan berdasarkan tabel penentuan jumlah sampel yang dikembangkan oleh Isaac dan Michael untuk taraf kesalahan 5% yaitu 127 orang. Penetapan sampel dalam penelitian ini berdasarkan teknik proportional random sampling. Teknik pengambilan data menggunakan kuesioner. Analisis yang digunakan adalah analisa regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa komunikasi intepersonal, kecerdasan emosional dan komitmen organisasi sekolah berkontribusi positif dan signifikan terhadap kinerja guru dalam perspektif pembinaan guru SD Negeri Se - kecamatan Pengasih Kabupaten Kulon Progo baik secara parsial maupun secara simultan.                                    Kata Kunci:    kinerja guru, komunikasi intepersonal, kecerdasan emosional, komitmen organisasi sekolah.", }