@article{IPI957902, title = "PERSEPSI ORANG TUA TERHADAP KECERDASAN MAJEMUK ANAK", journal = "Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Jakarta", volume = "Vol 4, No 1 (2018): FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika", pages = "", year = "2018", url = https://jurnal.umj.ac.id/index.php/fbc/article/view/2629/2358 author = "Viarti Eminita; Arlin Astriyani", abstract = "Selama ini banyak orang tua berpersepsi bahwa anak yang cerdas adalah anak-anak yang mendapatkan nilai yang tinggi dalam pelajaran disekolah terutama mata pelajaran matematika. Hampir sebagian besar orang tua melakukan kesalahan terhadap anak-anaknya. Kesalahan tersebut salah satunya karena persepsi atau ketidaktahuan orang tua dalam mendidik anak dengan benar. SD Labschool FIP UMJ memiliki misi membangun kecerdasan anak melalui kecerdasan majemuk. Misi ini juga harus didukung oleh orang tua siswa, sehingga peneliti tertarik untuk meneliti bagaimana persepsi orang tua terhadap kecerdasan majemuk anaknya. Adapun tujuan dalam penelitian ini adalah mendeskripsikan persepsi orang tua terhadap kecerdasan majemuk anaknya. Penelitian ini dilakukan dengan membandingkan antara harapan (dukungan) dan persepsi orang tua menggunakan metode survey. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah orang tua dari siswa SD Labschool FIP UMJ berjumlah 257. Penarikan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik penarikan sampel bertujuan dan sampel yang digunakan adalah 38 siswa dari 2 kelas yang dipilih. Terdapat 18 indikator pada instrumen yang tidak valid/dikeluarkan dari 88 indikator yang diujikan. Berdasarkan hasil analisis IPA yang dilakukan, diperoleh bahwa Tingkat Kesesuaian Total (Tki  Total) antara persepsi (X) dengan dukungan (Y) adalah sebesar 94,9 %. Hal ini berarti bahwa antara dukungan dan harapan yang diberikan oleh orang tua terhadap kecerdasan majemuk anak sudah sesuai dengan persepsi atau performa kecerdasan majemuk anak. Kecerdasan majemuk yang masih perlu ditingkatkan bagi siswa adalah kecerdasan logis-matematis anak. Performa kecerdasan ini masih sangat jauh dari dukungan dan harapan orang tua.", }