@article{IPI957929, title = "MENINGKATKAN KEMAMPUAN DISPOSISI MATEMATIS SISWA SMP MELALUI PENDEKATAN METAPHORICAL THINKING", journal = "Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Jakarta", volume = "Vol 2, No 2 (2016): FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika", pages = "", year = "2016", url = https://jurnal.umj.ac.id/index.php/fbc/article/view/1652/1404 author = "Nurbaiti Widyasari; Jarnawi Afgani Dahlan; Stanley Dewanto", abstract = "Tujuan penelitian ini mengkaji masalah peningkatan kemampuan disposisi matematis siswa melalui pembelajaran dengan pendekatan metaphorical thinking. Desain yang digunakan dalam penelitian ini merupakan bentuk desain quasiexperimental. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SMP kelas VIII di salah satu SMP Negeri di Jakarta Timur dengan pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Adapun sampelnya sebanyak 27 siswa kelas VIII-3 sebagai kelompok kontrol dan 31 siswa kelas VIII-5 sebagai kelompok eksperimen. Instrumen penelitian merupakan skala disposisi yang diberikan sebelum dan sesudah perlakuan. Analisis kuantitatif dilakukan dengan menggunakan Uji ANOVA dua jalur serta uji lanjutannya, sedangkan analisis kualitatif dilakukan secara deskriptif. Hasil analisis secara kualitatif diketahui siswa kelas VIII dapat memetaforakan suatu konsep matematika serta dapat mengaitkan antara satu konsep dengan konsep lainnya. Selanjutnya hasil analisis secara kuantitatif menunjukkan bahwa peningkatan kemampuan disposisi matematis siswa antara kelas yang mendapatkan pembelajaran denganmetaphorical thinking dan kelas yang mendapatkan pembelajaran dengan cara konvensional tidak terdapat perbedaan, serta tidak terdapat pengaruh interaksi antara pendekatan pembelajaran dengan kemampuan awal matematis terhadap kemampuan disposisi matematis siswa.", }