@article{IPI973221, title = "ANALISIS TINGKAT PELAYANAN RUANG RAWAT INAP RSUD DR. ABDUL RIVAI TANJUNG REDEB", journal = "Islamic Economics and Business Faculty of UIN Antasari", volume = " Vol 8, No 2 (2017)", pages = "", year = "2017", url = http://jurnal.uin-antasari.ac.id/index.php/taradhi/article/view/2531 author = "Rahmatullah, Rahmatullah", abstract = "Penelitian dengan judul Analisis Tingkat Pelayanan pada Ruang Rawat Inap RSUD dr. Abdul Rivai Tanjung Redeb memiliki tujuan, yaitu untuk mengetahui tingkat kepuasan dan harapan pasien rawat inap RSUD dr. Abdul Rivai Tanjung Redeb terhadap kinerja pelayanan dilihat dari dimensi kualitas jasa yang terdiri dari dimensi reliability, responsiveness, assurance, emphaty, dan tangible.Penelitian ini mengambil sampel sebanyak 87 kuesioner yang dirancang disesuaikan dengan SERVQUAL menggunakan skala Likert dari responden yang diambil menggunakan metode random sampling. Sedangkan sebagai alat uji hipotesis digunakan Uji Kesesuaian (Goodness of Fit), Uji t-Test, Uji Chi Square dan dianalisis dengan Importance – Performance AnalysisData yang diperoleh menghasilkan nilai validitas antara 0,435 samai 0,720 dengan cronbach alpha sebesar 0,86. Dari beberapa uji hipotesis, diperoleh hasil bahwa χ2hitung (48,25) > χ2tabel (36,74), thitung > ttabel sehingga Ho diterima dan dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan (gap) antara kinerja dengan kepuasan pelanggan.Berdasarkan pada analisa diagram kartesius, dari 10 atribut yang dinilai maka dengan mengambil rata-rata kinerja sebesar 3,583 sebagai sumbu-x dan rata-rata kepentingan sebesar 4,252 sebagai sumbu-y maka jumlah atribut yang berada pada kuadran A sebanyak 2 atribut, kuadran B sebanyak 2 atribut, kuadran C sebanyak 4 atribut dan kuadran D sebanyak 2 atribut", }