Penelitian ini bertujuan untuk menguji keputusan berinvestasi dengan perspektif pembelajaran pasarmodal melalui pembukaan akun di Galeri Investasi Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa YogyakartaPenelitian ini menggunakan sampel terhadap 50 mahasiswa secara acak yang menerima fasilitas.pembukaan akun secara gratis yang didanai oleh hibah DIKTI 2015 yang diperoleh Dr.Sri HermuningsihSE, MM. Metode analisis yang digunakan Partial Least Square (PLS) yaitu SEM yang berbasis variansidengan software Smart PLS 3.0. Hasil Penelitian menunjukkan : bahwa (1)Pembelajaran Pasar Modal tidaksignifikan 0.967, (2) Pengetahuan akan produk tidak berpengaruh signifikan terhadap keputusan investasisaham dengan signifikansi sebesar 0.113, (3) harga berpengaruh signifikan terhadap keputusan investasidengan signifikansi 0.034, (4) Tempat tidak berpengaruh dengan signifikansi 0.394, (5) PembelajaranPasar Modal, Pengetahuan Produk, Harga pembukaan rekening, serta tempat galeri investasi BEI USTsecara bersama berpengaruh signifikan terhadap keputusan investasi saham sebesar 0.0006. (6) ModerasiStimulus Fasilitas Pembukaan akun gratis tidak berpengaruh signifikan terhadap pembelajaran pasarModal dengan keputusan berinvestasi mahasiswa UST sebesar 0.328.
Kata Kunci: Pembelajaran, Produk, Harga, Tempat, Stimulus, Keputusan
Copyrights © 2017