SELAPARANG Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan
Vol 2, No 2 (2019): Mei

PELATIHAN PEMBUATAN DESAIN PROTOTIPE APLIKASI MENGGUNAKAN PROTO IO UNTUK MENUMBUHKAN MINAT PEMBELAJARAN PEMROGRAMAN di SMK NASIONAL MALANG

Farokhah, Lia (Unknown)
Ahda, Fadli Almu'ini (Unknown)
Riska, Suastika Yulia (Unknown)



Article Info

Publish Date
19 May 2019

Abstract

Mata pelajaran pemrograman merupakan salah satu mata kuliah kosentrasi atau jurusan di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) atau perguruan tinggi berbasis komputer. Mata kuliah pemrograman menjadisalah satu kesulitan yang dihadapi siswa-siswi maupun mahasiswa dalam menempuh pembelajaran sesuai kosentrasi atau jurusan mereka. Hal ini sangat kontradiksi dengan jurusan yang mereka ambil sehinggaperlu di ujicoba pengembangan pedagogi pengajaran untuk menunjang motivasi belajar dalam pemrograman. Pengembangan pembelajaran menjadi sangat penting karena selain kita berada pada abadteknologi yang membutuhkan lebih banyak aplikasi yang harus dikembangan untuk membantu kehidupan manusia. Pengembangan pedagogi pengajaran juga digunakan untuk menumbuhkan motivasi belajar pemrograman agar siswa-siswi atau mahasiswa dengan jurusan atau kosentrasi computer bisa menyukai mata pelajaran pemrograman dimana pada akhirnya menunjang kualitas lulusan yang dihasilkan sesuaibidangnya. Dalam pengembangan pedagogi pada pengabdian masyarakat yang dilakukan di SMK Nasional Malang dilakukan dengan melakukan pre test pertanyaan kuesioner sebelum dan sesudah diadakannyapelatihan pembuatan prototipe aplikasi menggunakan software instan PROTO IO. Hasil yang didapat dari analisis kuesioner didapatkan peningkatan motivasi belajar pemrograman sebesar 76,67% dan peningkatan motivasi minat menjadi programmer sebesar 16,66%.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

jpmb

Publisher

Subject

Chemistry Economics, Econometrics & Finance Education Energy Social Sciences

Description

Jurnal Selaparang merupakan Jurnal Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat. Diterbitkan dua kali dalam 1 tahun pada bulan November dan Mei oleh Program Studi Pendidikan Fisika, Jurusan Pendidikan MIPA, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Muhammadiyah Mataram (UM Mataram). Jurnal ...