Business Management Analysis Journal (BMAJ)
Vol 1, No 1 (2018): Business Management Analysis Journal (BMAJ)

PERAN ALIANSI STRATEGIS TERHADAP PENGEMBANGAN PRODUK BARU

Aziz, Noor (Unknown)



Article Info

Publish Date
21 Nov 2018

Abstract

Penelitian tentang aliansi strategis menunjukkan bahwa lingkungan eksternal yang memperpendek siklus kehidupan produk (PLC), meningkatkan biaya R & D dan meningkatkan penyebaran skill dan pengetahuan telah menyebabkan meningkatnya kebutuhan pada aliansi strategis. Pada saat yang sama, pengembangan produk dianggap sebagai dimensi utama dan bagian penting dari efektifitas peruasahaan, sehingga merupakan hal yang wajar untuk meneliti hubungan aliansi strategis dan pengembangan produk.Penelitian ini mengambil studi kasus pada Rumah Adat Kudus yang bertujuan (1) untuk menganalisis kemampuan inovasi perusahaan yang dibangun melalui aliansi strategis berpengaruh terhadap pengembangan produk, (2) untuk menganalisis kemampuan pabrikan yang dibangun melalui aliansi strategis berpengaruh terhadap pengembangan produk, (3) untuk menganalisis kemampuan pemasaran yang dibangun melalui aliansi strategis berpengaruh terhadap pengembangan produk.Pada penelitian ini, data yang diperlukan adalah data primer dan data sekunder.. Metode analisis yang digunakan adalah Analisis Regresi Berganda, dengan menggunakan analisis tersebut diperoleh hasil sebagai berikut: (1) hasil  pengujian  dengan  spss  diperoleh  untuk  variabel  x1    (kemampuan inovasi)  diperoleh nilai tingkat signifikansi 0,002, menunjukkan  bahwa  kemampuan inovasi  yang semakin   besar   memiliki   pengaruh  positif   yang  signifikan  terhadap pengembangan produk, (2) hasil  pengujian  dengan  spss  diperoleh  untuk  variabel  x2     (kemampuan pabrikan) diperoleh nilai signifikansi tersebut lebih kecil dari 0,05, menunjukkan bahwa  kemampuan pabrikan  memiliki  pengaruh positif yang  signifikan terhadap pengembangan produk, (3) Hasil  pengujian  dengan  spss  diperoleh  untuk  variabel  x3    (kemampuan pemasaran) diperoleh nilai tingkat signifikansi 0,004, hal ini menunjukkan bahwa kemampuan pemasaran memiliki pengaruh positif yang  signifikan terhadap pengembangan produk.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

bmaj

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

Business Management Analysis Journal (BMAJ) with E-ISSN 2655-3813 and P-ISSN 2623-0690 is a journal published by Management Department, the Economics and Business Faculty, Universitas Muria Kudus. BMAJ publishes twice in a year (on April and October) consisting 6 articles and accepting articles in ...