Indonesian Journal of Mathematics Education
Vol 1, No 1 (2018): Indonesian Journal of Mathematics Education

Integrasi Sejarah Matematika untuk Meningkatkan Atensi Siswa

Deshinta Puspa Ayu Dwi Argaswari (Universitas Sampoerna)



Article Info

Publish Date
31 Oct 2018

Abstract

Siswa kelas VIII di MTsN 20 Jakarta memiliki masalah dalam atensi untuk belajar matematika. Hasil pengamatan menunjukkan kurangnya atensi siswa yang ditunjukkan dengan banyaknya siswa yang tidak memperhatikan penjelasan guru dan tidak terlibat aktif dalam kegiatan pembelajaran. Meskipun nilai atensi siswa adalah 2,77 dari 4, namun siswa menyatakan tidak tertarik dengan pembelajaran. Hal ini ditunjukkan pada hasil wawancara, siswa menyatakan merasa bosan dalam belajar matematika dan kurang tertarik pada pokok pembahasan. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, salah satu strategi yang mungkin dilakukan adalah pengintegrasian sejarah matematika. Hal ini didukung dengan topik mata pelajaran yang sedang dipelajari adalah Pythagoras. Penelitian dilakukan menggunakan metode penelitian tindakan kelas. Instrumen yang digunakan untuk mengukur atensi siswa dikembangkan dari instrumen Attention John Keller. Setelah dilakukan analisis, hasil menunjukkan bahwa rerata atensi siswa naik sebesar 11%. Nilai atensi siswa setelah diberikan desain pembelajaran menggunakan sejarah adalah 3,12 dari 4. Hasil wawancara dan observasi menunjukkan atensi siswa yang meningkat.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

ijome

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Indonesian Journal of Mathematics Educations is a scientific journal published by Mathematics Education Study Program, Faculty of Education and Teacher Training, Universitas Tidar. IJOME publishes the research issues on mathematics and mathematics education, could be experiments, research and ...