Indonesian Journal of Mathematics Education
Vol 1, No 1 (2018): Indonesian Journal of Mathematics Education

Perbandingan Pembelajaran Strategi Konflik Kognitif Bersetting Pemecahan Masalah dengan Pembelajaran Ekspositori terhadap Hasil Belajar

Dhanar Dwi Hary Jatmiko (Universitas Muhammadiyah Jember)



Article Info

Publish Date
31 Oct 2018

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen dengan subjek penelitian siswa kelas X SMK Negeri 3 Jember. Penelitian ini bertujuan untuk membandingkan antara strategi konflik kognitif bersetting pemecahan masalah dengan pembelajaran ekspositori terhadap hasil belajar matematika siswa. Penelitian ini menggunakan rancangan kelompok kontrol non ekuivalen dengan melibatkan satu kelas (29 siswa) kelompok eksperimen dan  satu kelas (29  siswa)  kelompok kontrol. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Hasil belajar siswa kemudian dianalisa dengan uji chi-kuadrat untuk uji data normal, uji-F varian terbesar dibanding varian terkecil untuk uji homogenitas, uji-t untuk uji hipotesis yang parametrik, dan uji-U untuk uji hipotesis non-parametrik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar siswa kelompok eksperimen lebih baik daripada siswa kelompok kontrol secara signifikan.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

ijome

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Indonesian Journal of Mathematics Educations is a scientific journal published by Mathematics Education Study Program, Faculty of Education and Teacher Training, Universitas Tidar. IJOME publishes the research issues on mathematics and mathematics education, could be experiments, research and ...