Criksetra: Jurnal Pendidikan Sejarah
Vol 4, No 2 (2015)

Partai Syarikat Islam Indonesia (PSII) dalam Menghadapi Krisis Malaise di Palembang Tahun 1930-1940 (Sumbangan Materi pada Mata Pelajaran Sejarah Kelas XI SMA Srijaya Negara Palembang).

Maya Yunita (Universitas Sriwijaya)
Alian Sair (Universitas Sriwijaya)
Hudaidah Hudaidah (Universitas Sriwijaya)



Article Info

Publish Date
08 Aug 2015

Abstract

Tulisan ini berjudul Peranan Partai Syarikat Islam Indonesia (PSII) dalam menghadapi Krisis Malaise di Palembang Tahun 1930-1940 (Sumbangan Materi Pelajaran Sejarah Kelas XI SMA Srijaya Negara Palembang). Tujuan penulisan skripsi ini adalah untuk mengetahui perkembangan Partai Syarikat Islam Indonesia (PSII) di Palembang, untuk menjelaskan peranan PSII dalam menghadapi Krisis Malaise dan untuk menganalisis keberhasilan PSII dalam menghadapi Krisis Malaise. Metode penelitian yang digunakan adalah metode historis.Metode historis terdapat beberapa langkah yaitu heuristik, kritik sumber, interpretasi data, historiografi, pendekatan ekonomi, politik dan sosiologis.Partai Syarikat Islam Indonesia (PSII) merupakan kelanjutan dari organisasi Sarekat Islam. Krisis Malaise yang melanda Hindia Belanda tahun 1930-an berdampak pada perekonomian rakyat, termasuk di Palembang. PSII berusaha menghimpun masyarakat yang terkena dampak krisis dengan membentuk serikat buruh dan koperasi.Salah satu upaya PSII yang membuahkan hasil adalah pembentukan koperasi Centraal Pembelian Karet Rakyat (CPKR).Penulisan ini dijadikan sumbangan untuk materi pelajaran sejarah khususnya materi tentang peranan Partai Syarikat Islam Indonesia (PSII) di Palembang pada masa pergerakan nasional. Kata Kunci : Partai Syarikat Islam Indonesia (PSII), Krisis Malaise, Palembang.

Copyrights © 2015






Journal Info

Abbrev

criksetra

Publisher

Subject

Humanities Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

Criksetra: Jurnal Pendidikan Sejarah, (P-ISSN: 1978-8673 dan E-ISSN: 2656-9620) merupakan jurnal Program Studi Pendidikan Sejarah, FKIP Universitas Sriwijaya yang mempublikasikan hasil penelitian Pendidikan Sejarah, Kajian Ilmu Sejarah dan Ilmu Sosial Budaya dalam Pendidikan Sejarah. Jurnal ini ...