Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode Barrett Taxonomyterhadap kemampuan memahami teks cerita pendek siswa kelas XI SMA Negeri 1 Belitang. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen semu. Sampel penelitian ini terdiri dari dua kelas yaitu kelas XI IPA 1 sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 38 siswa dengan perlakuan metode Barrett Taxonomy dan kelas XI IPA 2 sebagai kelas kontrol yang berjumlah 38 siswa dengan pendekatan saintifik. Pengumpulan data menggunakan teknik tes dan teknik pengolahan data menggunakan perhitungan uji-t dengan program SPSS 21. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai thitung>ttabel = 4,439>1,668 dengan df = 78 pada tingkat keberhasilan 95% ( =0,025). Dengan demikIan, terdapat perbedaan kemampuan memahami teks cerita pendek antara siswa yang diajar menggunakan metode Barrett Taxonomydengan siswa yang diajar menggunakan Pendekatan Saintifik. Dapat disimpulkan bahwa metode Barrett Taxonomyberpengaruh dalam pembelajaran memahami teks cerita pendek siswa kelas XI SMA Negeri 1 Belitang.
Copyrights © 2017