Logat: Jurnal Bahasa Indonesia dan Pembelajaran
Vol 4 No 1 (2017): LOGAT: Jurnal Bahasa Indonesia dan Pembelajaran

PENDEKATAN KONTEKSTUAL DAN PENCAPAIAN PENULISAN KARANGAN EKSPOSISI

Indrawati, Sri (Unknown)
Ayob, Adenan (Unknown)



Article Info

Publish Date
04 Jan 2019

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Pendekatan Kontekstual terhadap pencapaian penulisan karangan eksposisi.  Metode penelitian menggunakan kaidah eksperimen dengan desain ujian pra dan pasca. Sampel penelitian adalah pelajar kelas 10 SMAN 7 Palembang, yang berjumlah 108 orang. Masing-masing kelas berjumlah 36 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes yaitu tes keterampilan menulis  eksposisi. Analisis data menggunakan uji ANOVA Dua Jalur.  Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan pelajar yang diajar dengan  Pendekatan Kontekstual daripada pelajar yang diajar dengan Pendekatan Induktif dan Deduktif. Dengan demikian, pembelajaran penulisan karangan eksposisi dengan menggunakan Pendekatan Kontekstual dapat meningkatkan pencapaian.

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

logat

Publisher

Subject

Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

LOGAT menerbitkan artikel penelitian dan pengabdian kepada masyarakat serta analitis kritis bidang bahasa/ilmu bahasa, sastra, dan pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia. Menerima artikel dari para ahli, peneliti, dosen/guru, dan pemerhati. ...