as-sibyan : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini
Vol 3 No 2 (2018): Desember 2018

KARAKTERISTIK PENDIDIKAN ISLAM MENURUT IMAM AL-GHAZALI (PROSES PENDIDIKAN ISLAM YANG BERKELANJUTAN DAN BERANGSUR-ANGSUR)

Hasbullah Hasbullah (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 Dec 2018

Abstract

Lingkungan pendidikan Islam adalah suatu institusi atau lembaga di mana pendidikan itu berlangsung. Menurut Abudin Nata, lingkungan pendidikan Islam adalah suatu lingkungan yang di dalamnya terdapat ciri-ciri ke-Islaman yang memungkinkan terselenggaranya pendidikan Islam dengan baik. Lembaga pendidikan ialah badan usaha yang bergerak dan bertanggung jawab atas terselenggaranya pendidikan terhadap anak1. Keluarga merupakan bagian dari lembaga pendidikan informal. Selain itu, keluarga juga disebut sebagai satuan pendidikan luar sekolah. Keluarga memiliki peranan penting dalam mendidik setiap anak. Pendidikan Islam merupakan proses transformasi dan internalisasi ilmu pengetahuan dan nilai nilai-nilai Islam pada peserta didik melalui penumbuhan dan pengembangan potensi fitrahnya untuk mencapai keseimbangan dan kesempurnaan hidup dalam segala aspeknya. Pendidikan menurut Al-Ghazali adalah bertujuan untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT, bukan untuk mencari kedudukan yang menghasilkan uang. Karena jika tujuan pendidikan diarahkan bukan pada mendekatkan diri kepada Allah, maka akan dapat menimbulkan kedengkian, kebencian dan permusuhan.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

assibyan

Publisher

Subject

Religion Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

a?-?iby?n: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, ISSN 2541-5549, diterbitkan enam bulan sekali oleh Jurusan Pendidikan Islam Anak Usia Dini Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten berdasarkan Surat Keputusan Rektor IAIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten No. ...