Golden Age: Jurnal Ilmiah Tumbuh Kembang Anak Usia Dini
Vol 3 No 2 (2018)

Implementasi Model Pembelajaran Sentra Bermain Peran untuk Menanamkan Nilai Moral Anak

Febriana, Erma (Unknown)
'Aziz, Hafidh (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Apr 2019

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses penerapan model pembelajaran sentra bermain peran sebagai salah satu upaya dalam menanamkan nilai moral anak, mengetahui hasil dari penerapan model pembelajaran sentra bermain peran dalam menanamkan nilai moral anak dan mengetahui faktor pendukung dan penghambat dalam implementasi model pembelajaran sentra bermain peran untuk menanamkan nilai moral anak. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif didasarkan atas pertimbangan bahwa dalam pelaksanaan pendidikan moral melibatkan berbagai aspek yang harus digali secara mendalam dan komperehensif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas B2 (usia 5-7 tahun) di RA Tiara Chandra Yogyakarta. Hasil penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran sentra bermain peran kelas B2 RA Tiara Chandra Yogyakarta telah berhasil dalam menanamkan nilai moral anak. Hal ini dapat dilihat dari tercapainya indikator yang ditetapkan oleh RA Tiara Chandra berdasarkan standar tingkat pencapaian anak mengacu pada kurikulum 2013. Faktor pendukung dalam implementasi model pembelajaran sentra bermain peran untuk menanamkan nilai moral anak: latar belakang pendidikan keluarga peserta didik yang baik, metode atau program yang tepat, pendidik yang telah dibekali LVEP dan menerapkannya secara konsisten, fasilitas yang disediakan oleh sekolah. Faktor penghambat dalam implementasi model pembelajaran sentra bermain peran untuk menanamkan nilai moral anak adalah : latar belakang pendidikan keluarga peserta didik yang kurang baik, ruang sentra yang kurang kondusif, kompetensi pendidik.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

goldenage

Publisher

Subject

Education Social Sciences Other

Description

Golden Age: Jurnal Ilmiah Tumbuh Kembang Anak Usia Dini (JGA) Online ISSN: 2502-3519 is a periodically scientific journal published by the Study Program of Islamic Education for Early Childhood the Faculty of Tarbiyah and Education Science State Islamic Universty Sunan Kalijaga Yogyakarta. The ...