Jurnal Inovasi Pendidikan


Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Pendekatan Saintifik Pokok Bahasan Animalia Kelas X Ilmu Pengetahuan Alam

Puspitahati, Riski Putri (Unknown)
Susanti, Rahmi (Unknown)
Effendi, Effendi (Unknown)



Article Info

Publish Date
22 Jun 2019

Abstract

Pengembangan lembar kerja peserta didik (LKPD) berbasis Pendekatan Saintifik pada pokok bahasan Animalia telah dilakukan di kelas X IPA SMA Srijaya Negara Palembang. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan LKPD berbasis Pendekatan Saintifik yang valid, praktis, dan efektif. Pengembangan dilakukan dengan model pengembangan Akker yang terdiri atas tahap analisis, tahap perancangan, dan tahap evaluasi Tessmer (self evaluation, expert review, one to one, small group, dan field test). Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas X IPA 2 SMA Srijaya Negara Palembang. Pengumpulan data dilakukan dengan cara walkthrough, wawancara, angket, dan tes hasil belajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa LKPD ini dinyatakan valid setelah divalidasi oleh enam validator yang diperoleh nilai rata-rata sebesar 0,85 dengan kategori sangat layak uji. LKPD dinyatakan praktis karena telah dilakukan uji kepraktisan oleh peserta didik dengan mengisi lembar angket kepraktisan pada tahap one to one dan small group. Hasil analisis angket peserta didik pada tahap one to one dan small group diperoleh nilai rata-rata yaitu 0,88 dan 0,82 yang masing-masing termasuk dalam kategori sangat praktis. LKPD memiliki efektivitas yang tinggi terhadap hasil belajar peserta didik setelah dilakukan tahap field test dan diperoleh nilai N-Gain sebesar 0,76 termasuk kategori tinggi. 

Copyrights © 0000






Journal Info

Abbrev

sij-inovpend

Publisher

Subject

Computer Science & IT

Description

Jurnal Inovasi Pendidikan is an online peer-reviewed journal and aims to provide an international scientific communication forum for researchers, professionals, lecturer, and educational practitioners on all topics related to educational technology. This journal is publish by Educational Technology ...